RESTOCKING IKAN DI LEBAK DAN LEBUNG DALAM RANGKA PERSIAPAN KEARIFAN LOKAL LELANG LEBAK LEBUNG DI KABUPATEN BANYUASIN TAHUN 2019

lebak lebung banyuasin
lebak lebung banyuasin
lebak lebung
lebak lebung
lebak lebung
lebak lebung

Pangkalan balai, 25 maret 2019

Kabupaten banyuasin memiliki sebuah kearifan lokal perikanan yakni lelang lebak lebung. kegiatan ini merupakan tradisi turun temurun sejak zaman dahulu, yang bertujuan untuk pembagian wilayah penangkapan ikan antar warga. Lebak dan lebung yang merupakan sungai dan danau kecil, akan dilelang untuk dapat ditentukan pemenangnya. Pemenang lelang kemudian mendapatkan hak atas pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan di lebak atau lebung yang ia menangkan.

Dalam mendukung kearifan lokal ini, dinas perikanan kabupaten banyuasin melakukan restocking untuk mmeningkatkan sumberdaya ikan yang ada di lebak dan lebung yang akan dilelang nanti. Ikan yang ditebar mencapai jumlah puluhan ribu ekor, sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai objek lelang yang ada, meningkatkan antusiasme peserta lelang, serta meningkatkan produksi perikanan yang dihasilkan dari lelang lebak lebung ini.

Pelaksanaan restocking ini langsung dipimpin oleh kepala dinas perikanan banyuasin yakni ibu ria apriani, dan kepala bidang pengembangan usaha perikanan tangkap yakni ibu rina kurniaty.

Kegiatan ini dilaksanakan di empat kecamatan di kabupaten banyuasin. Harapannya kegiatan ini akan terus berlanjut, dan dapat menjadi pemicu peningkatan produksi perikanan yang ada dikabupaten banyuasin.

(writer : doni)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*